Manfaat Berjemur Di Pagi Hari

By Intania Kirana - Juni 04, 2016


berjemur sama papa

Menjemur bayi itu jangan dikira sekedar manas-manasin bayi aja sih. Selebihnya sinar matahari pagi itu punya manfaat yang bagus untuk manusia terutama bayi. Makanya gak heran ketika di rumah sakit bersalin, pemandangan setiap jam tujuh pagi sampai menjelang jam sembilan adalah para ibu atau nenek berlomba-lomba menjemur bayi. Begitupun di rumah, sepulang dari rumah sakit setiap pagi Intan rutin saya jemur. Emaknya sekalian ikut berjemur biar sehat juga. Hahaha… 

Kebetulan memang saya gak menggunakan jasa dukun bayi. Jadi apa-apa sendiri dibantu suami. Nah, kalau habis bangun gitu saya ajak Intan ke teras atau pelataran rumah dan mencari kehangatan sinar mentari pagi. Biasa lah bayi harus lepas baju san seringnya sambil saya tepuk-tepuk punggung Intan. Dan rutinitas itu selalu berlanjut sampai usianya 5 bulan. Tapi sekarang juga masih saya jemur, apalagi kalau lagi pilek. Ampuh deh ingusnya meler semua. 

Nah saya share aja pengalaman saya rutin menjemur Intan tiap pagi. Dari kebiasaan itulah saya mendapati beberapa manfaat yang sangat bagus untuk tumbuh kembang Intan, diantaranya:

  1. Membantu pertumbuhan tulang Intan karena sinar matahari mengandung vitamin D 
  2. Membantu mencaharkan dahak yang ada di jalan nafasnya. Kemungkinan saat masih di dalam perut bayi menelan plasenta, efeknya muncul grok-grok saat bayi bernafas. Dan untuk mengeluarkan dahhaknya bisa salah satunya dengan cara di jemur.
  3. Menghindarkan dari penyakit kuning.
  4. Membuat tidurnya semakin nyenyak. Karena saya sengaja menjemur Intan sebelum mandi, jadi setelah mandi dia terasa segar dan nenennya seger langsung deh pules boboknya. 
  5. Meningkatkan bonding antara ibu dan anak atau ibu dan ayah. Biasanya kalau pas dijemur saya tetap mengajaknya berkomunikasi. Entah itu bersenandung atau ngobrol-ngobrol gitu sama Intan. Saya percaya dia akan merekam dalam otaknya sekalipun hanya merespon lewat bahasa tubuhnya.

Itu tadi manfaat yang saya dapatkan ketika menjemur Intan setiap pagi. Dan Alhamdulillah anak saya tumbuh sehat dan perkembangannya lumayan cepet. Tapi perhatikan juga ya ketika baby sudah tidak nyaman segera akhiri berjemurnya. Segera susuin bayi agar bayi tidak dehidrasi dan rewel. Nah kan gak Cuma bule aja yang berjemur, bayi juga. Xixixixi…

  • Share:

You Might Also Like

0 comments