Keuntungan Blog Berniche dan Tema Blog Yang Disukai Mama Intan

By Intania Kirana - November 21, 2018

Beberapa saat lalu aku melemparkan pertanyaan ke teman blogger yang ada di Kaltim. Beliau adalah seorang blogger yang dari tahun 2009 sangat banyak berperan untuk ngajarin aku ngeblog. Pertanyaanku seperti ini :

"sebenarnya, aku juga mau lah blognya setenar blognya kamu. Gimana caranya sih bisa seperti itu?"



Dan jawabannya sungguh tidak pernah aku duga. "Lha wong blognya gado-gado begitu ya google susah donk buat mengindeks. Coba di fokuskan ke satu niche aja dan optimasi. Tapi ya nggak gampang. Semua harus berproses."

Lantaran aku mikir, blog ini sebenarnya mau di bawa kemana dengan niche nya. Istilah umumnya tentang niche adalah topik. Blog ini topiknya itu lebih fokus kemana. Parenting kah, traveling kah, kuliner, atau beauty. Tapi aku dari awal memang lebih ingin ke niche lifestyle karena sub topik seperti yang disebut sebelumnya menurutku bisa masuk.

Jadi fix di blog ini aku lebih mengusung ke lifestyle dengan sorotan sih sebisa mungkin aku membahas perihal parenting. Walaupun ada ketidak konsistenan dalam diriku sampai akhirnya aku memasukkan review HP dengan kemasan ala-ala parenting begitu, sih. 


Etapi menurut kalian, niche blog itu perlu nggak sih? Kalau aku sih sangat perlu ya karena dengan adanya niche blog ada beberapa manfaat yang bisa membantu banget dalam hal ngeblog. 

1. Menentukan arah tulisan 
Ini jelas sekali sih menurutku bahwa setiap blogger pasti punya gaya tulisan sendiri. Awal-awal ngeblog memang tulisanku masih ala kadarnya. Tidak bertema dan semacam nggak ada arahnya mau seperti apa. Sampai akhirnya dengan membatasi di salah satu niche misal tulisan A mau bahas parenting, ya sebisa mungkin mengemasnya dengan tema parenting.

2. Branding sebuah blog dan pemiliknya
Aku merasakan betul di blog gurukecil.com bahwa branding yang sangat melekat di diriku adalah guru SD. Begitu juga ketika aku kenal Grace Melia, baca blognya dulu memang kental banget kalau dia ini lebih ke arah parenting. Jadi niche blog akan memudahkan pembaca mengingat siapa pemilik blog nya itu. 

3. SEO Friendly 
Seperti yang disampaikan teman bloggku di Kaltim itu, blog dengan satu niche akan lebih mudah terindeks oleh google dan lebih SEO friendly dengan nembak beberapa kata kunci sesuai dengan tema blognya. 

4. Membangun Komunitas
Kesamaan niche blog memang tidak dipungkiri kita akan merasa cocok jika berkumpul di komunitas A, B atau C. Dengan maksud jika tergabung dalam komunitas kita bisa saling sharing bertukar informasi dan pengalaman serta menjalin relasi lebih luas. 


💗 Niche Blog Kesukaanku 💗

Ngomongin niche blog yang aku suka itu sebenarnya sih hampir semua suka termasuk techno. Tapi aku mau bahas tiga aja deh ya...

Pertama, sesuai dengan pekerjaan aku yaitu guru. Aku menyukai blog dengan tema Pendidikan meskipun yang aku temui itu seringnya blog berisi berita copas-an sana sini. Atau blog yang isinya download RPP maupun silabus. hahah.. Tapi memang ada beberapa blog yang sebenarnya temanya lifestyle tapi postingannya sangat membantuku mendapat inspirasi model mengajar di sekolah. Seperti cara membuat alat peraga, ide permainan pembelajaran, cara mengatasi kenakalan siswa. 

Kedua, blog dengan niche beauty. Dimana aku paling suka itu adalah Cheryl Raisa seorang beauty blogger dan beauty vlogger. Meskipun masih dengan domain gratis, tapi aku suka sama isi blognya. Lumayan terbantu ketika mau beli make up atau skin care lah ya dengan baca review dari dia.

Ketiga, blog dengan niche parenting. Menyukai blog dengan niche ini juga pas baru punya anak. Tapi jadi guru mau nggak mau membuat saya belajar parenting dengan objeknya murid sendiri. Nah, begitu punya anak blog niche parenting membantu banget untuk referensi bacaan. Pola asuh, MPASI, fase perkembangan anak. 



Sebenarnya menulis postingan ini juga jadi mikir lagi, memang saatnya untuk mengevaluasi beberapa postingan di blog ini yang melenceng dari niche nya. Kalian bagaimana, sudah tepat dengan niche yang di pilih kan?

  • Share:

You Might Also Like

0 comments