asi

20 Hal Yang Dikangenin Setelah Menyapih

By Intania Kirana - Agustus 01, 2018

Dua bulan belakangan ini memang ada yang sudah berubah dalam keseharianku. Dimana biasanya dikit-dikit "ma... Nenen" dan kemudian aku langsung mencari tempat ter-aman dan mencari posisi ter-puwenak buat menyusui Intan. Buat yang belum tahu nih (sok gaya banget sih), aku memang menyusui full ASI sampai usia Intan 2 tahun 8 bulan.


Bukan berarti aku ga menyentuh susu formula, pernah kok disaat berat badan Intan stuck berbulan-bulan. Dan demi menuruti omongan para sesepuh kalau dikasih susu formula itu juga sangat bagus buat anak. Sementara sudah mencoba beberapa brans sufor, anaknya angot-angotan. hahaha. Beruntung ya maunya ASI jadi sangat membantu meminimalisir pengeluaran keluarga. 

Bukan kok, aku nggak akan membahas tentang ASI dan susu formula. Karena ibu yang sebenarnya paling tahu kebutuhan anaknya termasuk asupan gizi terpenting di kehidupannya. Tapi aku mau bahas sih beberapa hal yang sebenarnya cukup bikin galau setelah aku berhasil menyapih.

Menyapih emang bikin emak merdeka 😂 tapi bikin merasa seperti kehilangan juga. Ya jelas donk ya, dari habis lahirin trus IMD bahkan anak glendotin sampai segedhe ini. Tentu ada rasa kehilangan, terlebih rutinitas mau tidur. Huhuhuhuhu..  Tapi ada kebiasaan saat menyusui yang sebenarnya bener-bener aku rindukan, sih. Dan aku yakin banget, kebiasaan ini pasti pernah dialami para ibu-ibu lainya.

So, let's start it!!!

1. Terbangun setiap 2 jam sekali untuk menyusui. Bahkan terbawa meski usia anak semakin bertambah.

2. Pumping tengah malam dan nyatet tanggal dan jam pumping di label.

3. Membawa peralatan pumping ke tempat kerja dan suka menghilang di sela jam pelajaran hanya demi pumping.

4. Merasakan payudara bengkak karena ASI belum diminum oleh bayi.

5. Disembur dukun bayi di bagian payudara dengan dalih ASInya kurang bagus dan bikin Intan masuk angin 😪.

6. Sibuk nyari nursery room saat diajak bepergian, atau sibuk memakain apron menyusui malah yang ada diajak main cilukba.

7. Ikut tertidur saat menyusui padahal cucian menumpuk.

8. Saat tertidur lupa nggak ngancingin baju lagi, otomatis PD akan terpampang nyata 🤣. Biasanya papa yang benerin bajunya. Wakakakak.

9. Kaki sangat berfungsi terutama untuk mengambil hp atau bantal yang letaknya tidak dapat dijangkau oleh tangan.

10. Sering banget ngecek stok ASIP demi kecukupan si buah hati.

11. Uring-uringan saat listrik mati dan sering cek frezzer sambil ngutung stok ASIP yang mencair.

12. Rutin nyari info tentang daya tahan ASI perah.

13. Nggak peduli makan banyak karena ibu menyusui sangat rawan lapar. Lupakan diet untuk sementara waktu

14. Baju basah di bagian dada karena asi merembes.

15. Rutin minun jamu uyup-uyup dan sebel kalau mbok jamu langganan nggak jualan.

16. Kangen ada yang isep-isep dan ngusel-ngusel di ketiak.

17. Tiba-tiba ada tendangan macan mendarat di wajah.

18. Puting lecet karena sengaja digigit dan anaknya malah tertawa bahagia.

19. Kancing baju yang saling silang karena buru-buru 😂

20.  Pinggang pegel karena salah posisi saat menyusui.

Ada 20 point kalau versi aku, dan ngomongin posisi menyusui memang dari dulu aku paling nyaman adalah sambil tiduran. Padahal jika menurut artikel yang aku baca di glitzmedia.co, ada lho posisi menyusui yang bisa dipelajari.

Paling tidak sebagai seorang ibu baru, saat menyusui kalian bisa menguasai posisi jenis The Cradle. Ini adalah posisi dasar yang harus kita kuasai saat menyusui. Dengan posisi wajah bayi menghadap ke payudara dan posisi hidung berhadapan dengan puting. 




Tapi kalau aku nih paling demen dengan posisi The Side Lying karena memudahkan banget saat menyusui pasca melahirkan dengan operasi cesar. Dan kebiasaan posisi itu memang terbawa sampai Intan di sapih, meskipun kalau kelamaan ini pinggang bakal pegel juga. 




Nah, di glitzmedia.co ini ada banyak banget tips yang bisa kita baca karena portal ini memang cewek banget. Jadi, apa aja yang berhubungan dengan dubia perempuan ada di situs ini. Mau dari tips kecantikan, inspirasi gaya hidup, tips seputar ibu dan anak ada banyak. Bahkan aku baru nemuin nama posisi menyusui yang sering aku pakai juga dari situs ini. 




Jadi bagaimana, apa sih yang buibu lain rindukan setelah menyapih anak? Share yuk. 

  • Share:

You Might Also Like

3 comments

  1. Sekarang gampang ya cari informasi2, kalo dulu berburu buku2 di gramed hehe.
    Dulu pertama kali menyapih, payudara bengkaaaak :)

    BalasHapus
  2. Kangeeen tapi lega udah disapih kaan mama Intaan. Aku jadi inget anak-anak kecil

    BalasHapus
  3. berarti waktunya nenenin lagi, maksudnya adiknya Intan :-D

    BalasHapus